Jumat, 16 November 2012

0 soal UAN dan pembahasanya part2

Kutipan novel di bawah ini untuk soal nomor 21 dan 22.
Bacalah dengan saksama!
     Kepala sekolahnya adalah seorang pejabat penting. Ibu Frischa namanya. Caranya ber-make up jelas memperlihatkan dirinya sedang bertempur mati-matian melawan usia dan tampak jelas pula, dalam pertempuran itu, beliau telah kalah. Ia seorang wanita keras yang terpelajar, progresif, ambisius, dan sering habis-habisan menghina sekolah kampung. Gerak-geriknya diatur sedemikian rupa sebagai penegasan kelas sosialnya. Di dekatnya siapa pun akan merasa terintimidasi. Kalau sempat berbicara dengan beliau, ia sama seperti orang melayu yang baru belajar memasak , bumbunya cukup tiga macam: pembicaraan tentang fasilitas-fasilitas sekolah PN, anggaran ekstrakurikuler jutaan rupiah, dan tentang murid-muridnya yang telah menjadi dokter, insinyur, ahli ekonomi, pengusaha, dan orang-orang yang telah sukses di kota atau bahkan di luar negeri.
                                                                                                                                   (Laskar Pelangi, Andrea Hirata)
21. Tokoh Ibu Frischa yang angkuh dan sombong dideskripsikan melalui ….
A.      dialog antartokoh
B.      lingkungan tokoh
C.      pikiran tokoh
D.      tindakan tokoh
E.       uraian langsung
PEMBAHASAN
Watak tokoh yang sombong dan angkuh terdapat pada akhir kalimat ke-3 dan secara utuh pada kalimat ke-4. Dengan demikian watak tokoh dideskripsikan melalui tindakan yang sering menghina habis-habisan sekolah kampung dan gerak-geriknya diatur sedemikian rupa sebagai penegasan kelas sosialnya.
JAWABAN: D
22. Amanat yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah ….
A.      Jadilah wanita yang terpelajar, tetapi tidak angkuh dan sombong.
B.      Jangan angkuh dan sombong kalau menjadi orang yang terpelajar.
C.      Bersikaplah keras dalam memimpin, tetapi tetap santun kepada orang lain.
D.      Bersikaplah rendah hati, santun, dan sederhana sekalipun menjadi pejabat tinggi.
E.       Janganlah mengingkari kodrat atau yang diberikan kepada kita.
PEMBAHASAN
Amanat adalah pesan yang hendak disampaikan penulis kepada pembaca. Dalam kutipan tersebut dikisahkan seorang wanita menjabat kepala sekolah.Dia dikisahkan sebagai orang yang terpelajar, progresif, ambisius. Sifat lain yang lebih jelek adalah angkuh, sombong, dan suka mengintimidasi.Jadi, amanat yang hendak disampaikan berkaitan dengan sifat-sifat baik yang hendaknya dimiliki seseorang sekalipun menjadi pejabat tinggi.
JAWABAN:D
Paragraf berikut untuk soal nomor 23 dan 24.
Bacalah dengan saksama!
       Pria kelahiran Medan, 26 Juli 1922 ini seorang penyair legendaris Indonesia yang karya-karyanya hidup dalam batin (digemari) sepanjang zaman. Salah satu bukti keabadian karyanya, pada Jumat, 8 Juni 2007, Chairil Anwar yang meninggal di Jakarta, 28 April 1949, masih dianugerahi penghargaan Dewan Kesenian Bekasi (DKB) Award 2007 untuk kategori seniman sastra.
      Chairil Anwar memang penyair besar yang menginspirasi dan mengapresiasi upaya manusia meraih kemerdekaan, termasuk perjuangan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Hal ini, antara lain tercermin dari sajaknya bertajuk: Krawang-Bekasi, yang disadurnya dari sajak The Young Dead Soldiers, karya Archibald MacLeish (1948).
       Dia juga menulis sajak Persetujuan dengan Bung Karno, yang merefleksikan dukungannya pada Bung Karno untuk terus mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945.
       Sajaknya yang berjudul Aku dan Diponegoro banyak diapresiasi orang sebagai sajak perjuangan. Kata Aku binatang jalang dalam sajan Aku, diapresiasi sebagi dorongan kata hati rakyat Indonesia untuk bebas merdeka.
23. Hal yang menarik pada diri tokoh Chairil Anwar adalah ….
A.      Karya-karyanya digemari masyarakat sepanjang zaman.
B.      Mendapat penghargaan meski Chairl sudah lama meninggal.
C.      Karyanya menginspirasi rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan.
D.      Menulis sajak untuk merefleksikan dukungannya pada presiden RI.
E.       Banyak menyadur dan menerjemahkan karya-karya bahasa asing.
PEMBAHASAN
Hal yang menarik adalah hal yang paling istimewa dan mengagumkan dari seorang tokoh. Dalam kutipan tersebut hal yang sangat istimewa dan jarang orang lain mengalaminya adalah menjadi penyair legendaris Indonesia yang karya-karyanya abadi, digemari sepanjang zaman. Keabadian karya-karyanya telah terbukti dengan penganugerahan penghargaan Dewan Kesenian Bekasi (DKB) Award 2007 untuk kategori seniman sastra.
JAWABAN: A
24. Mengapa Chairil Anwar meskipun sudah meninggal, masih memperoleh penghargaan DKB Award 2007?
A.      Karena ia adalah penyair legendaris Indonesia yang karya-karyanya hidup sepanjang zaman.
B.      Karena penghargaan itu untuk membuktikan keabadian karya-karyanya.
C.      Karena ia telah menginspirasi para pejuang kemerdekaan melalui sajak Krawang-Bekasi.
D.      Karena ia menulis sajak untuk merefleksikan dukungan kepada Bung Karno.
E.       Karena sajaknya yang berjudul Aku dan Diponegoro diapresiasi sebagai sajak perjuangan.
PEMBAHASAN
Alasan Chairil Anwar mendapat penghargaan walaupun sudah lama meninggal terdapat pada kalimat pertama paragraf pertama. Kalimat jawaban B lebih merupakan tujuan diberikannya penghargaan, alasan pemberian penghargaan. Sedangkan jawaban C, D, dan E merupakan kalimat yang berisi contoh-contoh karya-karya besar Chairil Anwar.
25. Cermati pagraf berikut!
Hari ini hari terakhir kami berkumpul karena besok kami akan menuju ke tempat melanjutkan sekolah masing-masing. Kami … Air mata tanpa disadari …Terasa berat hati untuk berpisah karena tidak ada lagi canda gurau dan … yang menambah manis persahabatan kami.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah ….
A.      salam-salam, linang-linangan, cela-celaan
B.      bersalam-salaman, berlinang-linangan, cela-cela
C.      menyalam-nyalami, linang-linangan, cela-cela
D.      disalam-salami, linang-linangan, mencela-cela
E.       bersalam-salaman, berlinang-linang, cela-celaan
PEMBAHASAN
Kata ulang untuk mengisi titik-titik pertama adalah bersalam-salaman. Kata ulang ini merupakan predikat, sedangkan kami subjek. Titik-titik kedua paling tepat diisi berlinang-linang, sedangkan bagian rumpang ketiga diisi cela-celaan.
JAWABAN:E
26. Penulisan judul yang sesuai dengan EYD adalah ….
A.      Membandingkan Puisi Indonesia dan Puisi Terjemahan Dalam Pembelajaran
B.      Membandingkan Puisi Indonesia dan Puisi Terjemahan dalam Pembelajaran
C.      Membandingkan Puisi Indonesia dan puisi Terjemahan dalam pembelajaran
D.      Membandingkan puisi Indonesia dan puisi terjemahan dalam pembelajaran
E.       Membandingkan puisi Indonesia dan puisi terjemahan dalam pembelajaran
PEMBAHASAN
Judul ditulis  dengan huruf kapital pada awal setiap kata kecuali kata depan  dan kata penghubung. Dalam judul tersebut terdapat kata penghubung dan dan kata depan dalam.
JAWABAN:B
27.  Perhatikan topik-topik berikut!
1. otonomi daerah
2. kearifan lokal
3. pengelolaan wisata
Kalimat latar belakang yang tepat berdasarkan topik-topik karya tulis tersebut adalah ….
A.      Kearifan lokal akan meningkatkan kualitas otonomi daerah dan pengelola wisata.
B.      Pengelolaan pariwisata merupakan bagian dari otonomi daerah yang potensial.
C.      Otonomi daerah dalam peningkatan wisata perlu ditangani sungguh-sungguh.
D.      Pelaksanaan otonomi daerah saat ini diharuskan berbasis kearifan local, di antaranya dalam mengelola wisata.
E.       Setiap otonomi daerah harus melakukan kearifan lokal yang berpijak pada pengelolaan pariwisata.
PEMBAHASAN
Latar belakang merupakan alasan seseorang memilih judul atau topik tertentu. Alasan tersebut merupakan fakta, fenomena, gejala, data, atau kasus-kasus yang menimbulkan permasalahan yang penting untuk diangkat atau dibahas. Latar belakang yang tepat sesuai ketiga topik di atas adalah kalimat logis yang berisi tiga topik serta menunjukkan adanya permasalahan yang perlu dicari jalan keluarnya.
JAWABAN:D
28. Cermati topik berikut!
Topik: Mengatasi penyusutan areal pertanian
Kalimat rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah ….
A.      Mengapa areal pertanian banyak dijadikan kawasan industri?
B.      Bagaimana cara mengantisipasi penyusutan areal pertanian?
C.      Siapa yang menyebabkan susutnya areal pertanian di desa-desa?
D.      Berapa banyakkah areal pertanian yang  susut tahun ini?
E.       Mengapa areal pertanian di kota besar dijadikan lahan pemukiman?
PEMBAHASAN
Rumusan masalah disusun dalam bentuk kalimat tanya, berisi masalah yang harus dicarikan jalan keluar. Kalimat rumusan masalah yang baik berupa kalimat tanya yang jawabannya berupa alternatif solusi.
JAWABAN:B
29. Cermati ilustrasi berikut!
       Novel “Bekisar Merah” dengan tokoh Sasi mengisahkan kehidupan penduduk Karangsoga yang miskin. Pemaparan alam pedesaan sangat kuat. Tokoh cerita digambarkan melalui suara batinnya. Penulisannya sangat akrab dengan situasi pedesaan dan kemiskinan.
Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan novel tersebut adalah ….
A.      Penduduk Karangsoga yang miskin diangkat oleh penulis “Bekisar Merah” agar kita lebih paham memaknai kemiskinan.
B.      Novel ini mengisahkan tokoh-tokoh yang hidup di Karangsoga, termasuk Sasi yang hidup dalam kemiskinan.
C.      Novel ini menggambarkan batin tokoh-tokoh yang miskin yang tinggal di Karangsoga tempat tinggal penulis.
D.      “Bekisar Merah” perlu dibaca orang yang ingin mengentaskan kemiskinan karena batin orang miskin bisa dirasakan.
E.       Penulis yang akrab dengan alam pedesaan mampu mengangkat desa miskin Karangsoga melalui batin pelakunya dalam sebuah novel.
PEMBAHASAN
Keunggulan yang terdapat dalam penggalan novel tersebut  terdapat pada kalimat ke-2 ,  ke-3, dan ke-4. Jawaban A, B, dan C tidak berisi keunggulan atau kelebihan novel. Jawaban D lebih mirip simpulan resensi. Jadi, yang tepat jawaban terakhir.
JAWABAN:E
30. Cermatilah dialog berikut!
Husna: Sakit apa, Mbak?
Astuti: Sakit perut, sudah beberapa hari.
Husna: Mbak selalu ke dokter ini? Apa setiap hari juga banyak pasiennya?
              (Sambil melihat beberapa pasien yang menunggu)
Astuti: Setahu saya begitu, setiap hari banyak dikunjungi pasien. Padahal dokter lain juga ada.
Husna: Dokternya punya kelebihan?
Astuti: …
Husna: O, pantas kalau begitu.
Astuti: Banyak orang yang sembuh ditangani dokter ini.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada dialog tersebut adalah ….
A.      Ya, anaknya banyak, tujuh orang.
B.      Setahu saya dia biasa saja.
C.      Dia dokter yang bertangan dingin.
D.      Dia punya apotek yang cukup besar.
E.       Obatnya selalu obat warung saja.
PEMBAHASAN
Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang harus logis, memiliki hubungan yang harmonis dengan kalimat-kalimat lain, terutama dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Jadi, isi kalimat sesuai dengan topik atau hal yang dibicarakan dalam dialog. Kalimat yang tepat berisi jawaban pertanyaan di atasnya dan merupakan jawaban yang positif karena diikuti oleh kalimat yang berisi penegasan atas jawaban tersebut.
JAWABAN:C
31. Perhatikan penggalan paragraph beriakut dengan saksama!
             (1)Dukungan masyarakat merupakan modal yang cukup strategis untuk meningkatkan keberhasilan tugas polisi. (2) Bersikap santun saat menangani persoalan masyarakat dapat menimbulkan empati, sekaligus memotivasi masyarakat untuk membantu tugas-tugas polisi. (3) Polisi yang kurang profesionalisme dalam menjalankan tugas akan menimbulkan rasa tidak puas dari masyarakat. (4) Memang, ini tidak mudah karena penuh dengan dinamika yang harus didesain agar sejalan dengan kondisi masyarakat. (5) Di samping itu, polisi juga harus mampu mengelaborasi kebutuhan masyarakat atas jaminan keamanan dan perlindungan.
Kalimat yang menggunakan istilah tidak tepat terdapat pada nomor ….
A.      (1)
B.      (2)
C.      (3)
D.      (4)
E.       (5)
PEMBAHASAN
Kalimat ketiga menggunakan istilah profesionalisme. Istilah ini kurang tepat karena kata yang kurang seharusnya diikuti oleh kata sifat, bukan kata benda. Jadi, yang tepat profesional , bukan profesionalisme.
JAWABAN: C
32. Cermatilah kutipan paragraf berikut!
       Kembang sepatu di Indonesia banyak dijadikan tanaman hias, di Okinawa (Jepang) sebagai tanaman pagar. Di bagian selatan Okinawa, tanaman ini disebut bunga kehidupan sesudah mati sehingga banyak ditanam di kuburan atau pusara. Di India bunga kembang sepatu dijadikan semir sepatu dan sebagai bunga persembahan. Di Malaysia disebut bunga raya dan ditetapkan sebagi bunga nasional Malaysia pada 28 Juli 1960. Jadi, tanaman kembang sepatu pemanfaatannya berbeda di beberapa negara.
Artikel tersebut memberi tahu kepada pembaca bahwa ….
A.      Tanaman kembang sepatu banyak manfaatnya di beberapa negara.
B.      Pemanfaatan tanaman kembang sepatu di beberapa negara berbeda.
C.      Cara memanfaatkan kembang sepatu dapat dibandingkan.
D.      Tanaman hias kembang sepatu sangat bermanfaat dalam kehidupan.
E.       Kembang sepatu adalah tanaman yang unik dan bernilai.
PEMBAHASAN
Artikel tersebut membicarakan pemanfaatan kembang sepatu di beberapa negara seperti Jepang, India, Indonesia, dan Malaysia. Ternyata di empat negara berbeda-beda cara pemanfaatan kembang sepatu. Bahkan, artikel tersebut diakhiri simpulan yang mencakup isi keseluruhan paragraf.
JAWABAN: B
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 33 dan 34!
       Kerusakan hutan di Indonesia selama lima tahun (2000-2005) adalah dua persen per tahun, sementara di Brazil 0,6 persen. Perusakan itu sama dengan 1,87 juta hektare setiap tahun. Sama dengan 51 kilometer setiap hari atau sama dengan luas 300 lapangan sepak bola setiap jam. Data itu dikemukakan oleh Hapsoro, juru kampanye hutan regional Greenpeace Asia Tenggara di Tugu Proklamasi. Dengan angka-angka itu, Indonesia bisa masuk “The Guinness Book of World Record” sebagai negara penghancur hutan tercepat di dunia.
33. Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ….
A.      Apa saja yang dikakukan oleh Hapsoro untuk menyelamatkan hutan Indonesia?
B.      Tepatkah data-data yang dipergunakan oleh juru kampanye hutan regional Greenpeace itu?
C.      Benarkah bahwa kerusakan hutan di Indonesia sudah tidak dapat diatasi?
D.      Berapa persen kerusakan hutan yang terjadi di Indonesia per tahun selama lima tahun?
E.       Apa yang harus diperbuat dengan data-data yang dikemukakan Hapsoro?
PEMBAHASAN
Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf adalah kalimat tanya yang jawabannya terdapat dalam teks. Kita tidak dapat menemukan jawaban dari pertanyaan A, B, C, dan E. Jawaban pertanyaan D terdapat pada kalimat pertama.
JAWABAN:D
34. Makna kata regional dalam paragraf tersebut adalah ….
A.      pemerintah daerah
B.      keluasan daerah
C.      perbatasan daerah
D.      bersifat daerah
E.       kawasan daerah
PEMBAHASAN
Kata regional memiliki arti bersifat atau mengenai daerah (kawaan, lingkungan) atau bagian dunia, yang batas luasnya tidak tertentu (dapat mengenai bagian dari suatu negara, benua, atau dunia.
JAWABAN: D
Cermati puisi berikut untuk menjawab soal nomor 35 s.d. 37!
Salju
            Karya: Wing Kardjo
Ke manakah pergi
mencari matahari
ketika salju turun
pohon kehilangan daun
Ke manakah jalan
mencari perlindungan
ketika tubuh kuyup
dan pintu tertutup
Ke manakah lari
mencari api
ketika bara hati
padam tak berarti
Ke manakah pergi
selain mencuci diri
35. Makna lambing kata matahari dalam larik kedua puisi tersebut adalah ….
A.      petunjuk
B.      kehidupan
C.      keceriaan
D.      semangat
E.       keindahan
PEMBAHASAN
Kata matahari dalam larik puisi tersebut dapat diartikan petunjuk bagi orang yang sedang kehilangan sesuatu yang sangat penting dalam hidupnya karena suatu musibah. Sesuatu tersebut dapat berupa orang yang dicintai, kebahagiaan hidup, masa depan, atau keselamatan.
JAWABAN:A
36. Maksud isi puisi tersebut adalah ….
A.      Untuk mendapatkan kebahagiaan hidup, seseorang harus menyesali dosa-dosanya.
B.      Keputusasaan seseorang dalam mencari anggota keluarganya yang hilang.
C.      Kehidupan rumah tangga yang gagal karena tidak ada pertolongan.
D.      Berbagai upaya harus dilakukan untuk menjaga keselamatan dan kebahagiaan hidup.
E.       Gambaran kehidupan ketika musim salju mulai turun dan tidak ada kehangatan.
PEMBAHASAN
Maksud yang hendak disampaikan penulis tergambar pada bait terakhir. Setelah berusaha mencari-cari petunjuk, tempat berlindung, semangat akhirnya seseorang menemukan sesuatu. Ternyata tidak ada cara lain kecuali dengan ‘membersihkan’ diri dan menyesali dosa-dosanya ia dapat menemukan kebahagiaan hidup.
JAWABAN: A
37. Suasana yang terdapat dalam kutipan puisi tersebut adalah ….
A.      kebimbangan
B.      ketenteraman
C.      kesemarakan
D.      kedamaian
E.       kegembiraan
PEMBAHASAN
Setiap awal bait puisi tersebut diawali dengan kalimat tanya. Ini menandakan bahwa seseorang sedang berada pada posisi tak stabil, tak menentu, atau ragu-ragu. Ia sedang mencari-cari sesuatu.
JAWABAN:A
38. Cermatilah gurindam berikut!
Cahari olehmu kawan
Pilih segala orang setiawan
Maksud isi gurindam tersebut adalah ….
A.      Carilah kawan di antara para setiawan.
B.      Carilah kawan dengan memilih para setiawan.
C.      Berkawanlah dengan kesetiaan yang sejati
D.      Berkawanlah dengan orang yang setia.
E.       Kawan adalah semua orang yang setia.
PEMBAHASAN
Maksud yang hendak disampaikan penulis adalah menyuruh mencari kawan. Kawan yang dicari hendaklah orang yang sangat setia (setiawan)
JAWABAN:B
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 39 dan 40!
       (1) Faktor manusia adalah penyebab dominan dalam kecelakaan lalu lintas di jalan raya. (2) Kecelakaan terjadi karena pengemudi atau pengguna jalan tidak mengindahkan peraturan lalu lintas. (3) Pengguna jalan raya hanya memikirkan kepentingannya sendiri tanpa memikirkan daripada keselamatan dirinya atau orang lain. (4) Sering pula pengendara ugal-ugalan mengendarai kendaraannya dalam keadaan mabuk atau terpancing emosinya karena didahului kendaraan lain. (5) Ada pula pengemudi yang mengantuk memaksakan dirinya untuk terus menjalankan kendaraannya sehingga kendaraan lepas dari kendali.
39. Isi informasi dalam paragraf tersebut adalah ….
A.      Hal yang tidak bisa dihindari pengendara di jalan raya.
B.      Pengendara dan pejalan kaki sama-sma tidak mematuhi tata tertib.
C.      Faktor dominan dalam kecelakaan lalu lintas di jalan raya.
D.      Kelalaian pengguna jalan raya yang mengakibatkan kecelakaan.
E.       Kurangnya kewaspadaan dan kehati-hatian pengguna jalan raya.
PEMBAHASAN
Kalimat pertama paragraf di atas berisi ide pokok paragraf. Kalimat ke-2 s.d. ke-5 berisi ide penjelas yang memperkuat ide pokok. Jadi, isi informasi dalam paragraf tersebut terdapat dalam kalimat pertama, yaitu faktor dominan yang menyebabkan banyak kecelakaan di jalan raya.
JAWABAN: C
40. Kalimat rancu dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
A.      (1)
B.      (2)
C.      (3)
D.      (4)
E.       (5)
PEMBAHASAN
Kalimat rancu merupakan kalimat yang salah karena strukturnya kurang tepat. Kalimat seperti ini biasanya muncul ketika seseorang akan menuangkan sebuah ide sementara di otaknya telah tersedia dua konstruksi yang benar. Namun, pada saat ide dituangkan dalam kalimat kedua konstruksi itu saling bercampur atau rancu. Saat penulis akan menuangkan ide pada kalimat ke-3 muncul dua konstruksi. Pertama, pengguna jalan raya hanya memikirkan kepentingannya sendiri tanpa memikirkan keselamatan dirinya atau orang lain. Kedua, pengguna jalan raya lebih memikirkan kepentingan sendiri daripada memikirkan keselamatan dirinya atau orang lain. Kata daripada tidak tepat digunakan dalam kalimat ke-3 karena kata daripada berfungsi membandingkan, sedangkan pada kalimat tersebut tidak ditemukan perbandingan.
JAWABAN:C

0 komentar:

Posting Komentar

 

wahyu sastra hanugroho bahasa indonesia Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates