Kutipan novel
di bawah ini untuk soal nomor 21 dan 22.
Bacalah
dengan saksama!
Kepala
sekolahnya adalah seorang pejabat penting. Ibu Frischa namanya. Caranya ber-make up jelas memperlihatkan dirinya
sedang bertempur mati-matian melawan usia dan tampak jelas pula, dalam
pertempuran itu, beliau telah kalah. Ia seorang wanita keras yang terpelajar,
progresif, ambisius, dan sering habis-habisan menghina sekolah kampung. Gerak-geriknya
diatur sedemikian rupa sebagai penegasan kelas sosialnya. Di dekatnya siapa
pun akan merasa terintimidasi. Kalau sempat berbicara dengan beliau, ia sama
seperti orang melayu yang baru belajar memasak , bumbunya cukup tiga macam:
pembicaraan tentang fasilitas-fasilitas sekolah PN, anggaran ekstrakurikuler
jutaan rupiah, dan tentang murid-muridnya yang telah menjadi dokter,
insinyur, ahli ekonomi, pengusaha, dan orang-orang yang telah sukses di kota
atau bahkan di luar negeri.
(Laskar
Pelangi, Andrea Hirata)
|
21. Tokoh Ibu Frischa yang angkuh dan sombong dideskripsikan melalui ….
A. dialog
antartokoh
B. lingkungan
tokoh
C. pikiran
tokoh
D. tindakan
tokoh
E. uraian
langsung
PEMBAHASAN
Watak tokoh yang sombong dan angkuh terdapat pada
akhir kalimat ke-3 dan secara utuh pada kalimat ke-4. Dengan demikian watak
tokoh dideskripsikan melalui tindakan yang sering menghina habis-habisan sekolah
kampung dan gerak-geriknya diatur sedemikian rupa sebagai penegasan kelas
sosialnya.
JAWABAN: D
22. Amanat yang sesuai dengan isi kutipan tersebut
adalah ….
A. Jadilah
wanita yang terpelajar, tetapi tidak angkuh dan sombong.
B. Jangan
angkuh dan sombong kalau menjadi orang yang terpelajar.
C. Bersikaplah
keras dalam memimpin, tetapi tetap santun kepada orang lain.
D. Bersikaplah
rendah hati, santun, dan sederhana sekalipun menjadi pejabat tinggi.
E. Janganlah
mengingkari kodrat atau yang diberikan kepada kita.
PEMBAHASAN
Amanat adalah pesan yang hendak disampaikan penulis
kepada pembaca. Dalam kutipan tersebut dikisahkan seorang wanita menjabat
kepala sekolah.Dia dikisahkan sebagai orang yang terpelajar, progresif,
ambisius. Sifat lain yang lebih jelek adalah angkuh, sombong, dan suka
mengintimidasi.Jadi, amanat yang hendak disampaikan berkaitan dengan
sifat-sifat baik yang hendaknya dimiliki seseorang sekalipun menjadi pejabat
tinggi.
JAWABAN:D
Paragraf berikut untuk soal nomor 23 dan 24.
Bacalah dengan saksama!
Pria
kelahiran Medan, 26 Juli 1922 ini seorang penyair legendaris Indonesia yang
karya-karyanya hidup dalam batin (digemari) sepanjang zaman. Salah satu bukti
keabadian karyanya, pada Jumat, 8 Juni 2007, Chairil Anwar yang meninggal di
Jakarta, 28 April 1949, masih dianugerahi penghargaan Dewan Kesenian Bekasi
(DKB) Award 2007 untuk kategori seniman sastra.
Chairil Anwar memang penyair besar yang menginspirasi dan
mengapresiasi upaya manusia meraih kemerdekaan, termasuk perjuangan bangsa
Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Hal ini, antara lain
tercermin dari sajaknya bertajuk: Krawang-Bekasi,
yang disadurnya dari sajak The Young
Dead Soldiers, karya Archibald MacLeish (1948).
Dia
juga menulis sajak Persetujuan dengan
Bung Karno, yang merefleksikan dukungannya pada Bung Karno untuk terus
mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945.
Sajaknya yang berjudul Aku
dan Diponegoro banyak diapresiasi
orang sebagai sajak perjuangan. Kata Aku
binatang jalang dalam sajan Aku,
diapresiasi sebagi dorongan kata hati rakyat Indonesia untuk bebas merdeka.
|
23. Hal yang menarik pada diri tokoh Chairil Anwar
adalah ….
A. Karya-karyanya
digemari masyarakat sepanjang zaman.
B. Mendapat
penghargaan meski Chairl sudah lama meninggal.
C. Karyanya
menginspirasi rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan.
D. Menulis
sajak untuk merefleksikan dukungannya pada presiden RI.
E. Banyak
menyadur dan menerjemahkan karya-karya bahasa asing.
PEMBAHASAN
Hal yang menarik adalah hal yang paling istimewa
dan mengagumkan dari seorang tokoh. Dalam kutipan tersebut hal yang sangat
istimewa dan jarang orang lain mengalaminya adalah menjadi penyair legendaris
Indonesia yang karya-karyanya abadi, digemari sepanjang zaman. Keabadian
karya-karyanya telah terbukti dengan penganugerahan penghargaan Dewan Kesenian
Bekasi (DKB) Award 2007 untuk kategori seniman sastra.
JAWABAN: A
24. Mengapa Chairil Anwar meskipun sudah meninggal,
masih memperoleh penghargaan DKB Award 2007?
A. Karena
ia adalah penyair legendaris Indonesia yang karya-karyanya hidup sepanjang
zaman.
B. Karena
penghargaan itu untuk membuktikan keabadian karya-karyanya.
C. Karena
ia telah menginspirasi para pejuang kemerdekaan melalui sajak Krawang-Bekasi.
D. Karena
ia menulis sajak untuk merefleksikan dukungan kepada Bung Karno.
E. Karena
sajaknya yang berjudul Aku dan Diponegoro diapresiasi sebagai sajak
perjuangan.
PEMBAHASAN
Alasan Chairil Anwar mendapat penghargaan walaupun
sudah lama meninggal terdapat pada kalimat pertama paragraf pertama. Kalimat
jawaban B lebih merupakan tujuan diberikannya penghargaan, alasan pemberian
penghargaan. Sedangkan jawaban C, D, dan E merupakan kalimat yang berisi
contoh-contoh karya-karya besar Chairil Anwar.
25. Cermati pagraf berikut!
Hari ini hari terakhir kami berkumpul karena
besok kami akan menuju ke tempat melanjutkan sekolah masing-masing. Kami …
Air mata tanpa disadari …Terasa berat hati untuk berpisah karena tidak ada
lagi canda gurau dan … yang menambah manis persahabatan kami.
|
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraph
tersebut adalah ….
A. salam-salam,
linang-linangan, cela-celaan
B. bersalam-salaman,
berlinang-linangan, cela-cela
C. menyalam-nyalami,
linang-linangan, cela-cela
D. disalam-salami,
linang-linangan, mencela-cela
E. bersalam-salaman,
berlinang-linang, cela-celaan
PEMBAHASAN
Kata ulang untuk mengisi titik-titik pertama adalah
bersalam-salaman. Kata ulang ini merupakan predikat, sedangkan kami subjek.
Titik-titik kedua paling tepat diisi berlinang-linang, sedangkan bagian rumpang
ketiga diisi cela-celaan.
JAWABAN:E
26. Penulisan judul yang sesuai dengan EYD adalah
….
A. Membandingkan
Puisi Indonesia dan Puisi Terjemahan Dalam Pembelajaran
B. Membandingkan
Puisi Indonesia dan Puisi Terjemahan dalam Pembelajaran
C. Membandingkan
Puisi Indonesia dan puisi Terjemahan dalam pembelajaran
D. Membandingkan
puisi Indonesia dan puisi terjemahan dalam pembelajaran
E. Membandingkan
puisi Indonesia dan puisi terjemahan dalam pembelajaran
PEMBAHASAN
Judul ditulis
dengan huruf kapital pada awal setiap kata kecuali kata depan dan kata penghubung. Dalam judul tersebut
terdapat kata penghubung dan dan kata
depan dalam.
JAWABAN:B
27. Perhatikan
topik-topik berikut!
1. otonomi daerah
2. kearifan lokal
3. pengelolaan wisata
|
Kalimat latar belakang yang tepat berdasarkan
topik-topik karya tulis tersebut adalah ….
A. Kearifan
lokal akan meningkatkan kualitas otonomi daerah dan pengelola wisata.
B. Pengelolaan
pariwisata merupakan bagian dari otonomi daerah yang potensial.
C. Otonomi
daerah dalam peningkatan wisata perlu ditangani sungguh-sungguh.
D. Pelaksanaan
otonomi daerah saat ini diharuskan berbasis kearifan local, di antaranya dalam
mengelola wisata.
E. Setiap
otonomi daerah harus melakukan kearifan lokal yang berpijak pada pengelolaan
pariwisata.
PEMBAHASAN
Latar belakang merupakan alasan seseorang memilih
judul atau topik tertentu. Alasan tersebut merupakan fakta, fenomena, gejala,
data, atau kasus-kasus yang menimbulkan permasalahan yang penting untuk
diangkat atau dibahas. Latar belakang yang tepat sesuai ketiga topik di atas
adalah kalimat logis yang berisi tiga topik serta menunjukkan adanya
permasalahan yang perlu dicari jalan keluarnya.
JAWABAN:D
28. Cermati topik berikut!
Topik: Mengatasi penyusutan areal pertanian
|
Kalimat rumusan masalah yang sesuai dengan topik
tersebut adalah ….
A. Mengapa
areal pertanian banyak dijadikan kawasan industri?
B. Bagaimana
cara mengantisipasi penyusutan areal pertanian?
C. Siapa
yang menyebabkan susutnya areal pertanian di desa-desa?
D. Berapa
banyakkah areal pertanian yang susut
tahun ini?
E. Mengapa
areal pertanian di kota besar dijadikan lahan pemukiman?
PEMBAHASAN
Rumusan masalah disusun dalam bentuk kalimat tanya,
berisi masalah yang harus dicarikan jalan keluar. Kalimat rumusan masalah yang
baik berupa kalimat tanya yang jawabannya berupa alternatif solusi.
JAWABAN:B
29. Cermati ilustrasi berikut!
Novel “Bekisar Merah” dengan tokoh Sasi mengisahkan kehidupan penduduk
Karangsoga yang miskin. Pemaparan alam pedesaan sangat kuat. Tokoh cerita
digambarkan melalui suara batinnya. Penulisannya sangat akrab dengan situasi
pedesaan dan kemiskinan.
|
Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan novel
tersebut adalah ….
A. Penduduk
Karangsoga yang miskin diangkat oleh penulis “Bekisar Merah” agar kita lebih
paham memaknai kemiskinan.
B. Novel
ini mengisahkan tokoh-tokoh yang hidup di Karangsoga, termasuk Sasi yang hidup
dalam kemiskinan.
C. Novel
ini menggambarkan batin tokoh-tokoh yang miskin yang tinggal di Karangsoga
tempat tinggal penulis.
D. “Bekisar
Merah” perlu dibaca orang yang ingin mengentaskan kemiskinan karena batin orang
miskin bisa dirasakan.
E. Penulis
yang akrab dengan alam pedesaan mampu mengangkat desa miskin Karangsoga melalui
batin pelakunya dalam sebuah novel.
PEMBAHASAN
Keunggulan yang terdapat dalam penggalan novel
tersebut terdapat pada kalimat ke-2 , ke-3, dan ke-4. Jawaban A, B, dan C tidak
berisi keunggulan atau kelebihan novel. Jawaban D lebih mirip simpulan resensi.
Jadi, yang tepat jawaban terakhir.
JAWABAN:E
30. Cermatilah dialog berikut!
Husna: Sakit apa, Mbak?
Astuti: Sakit perut, sudah beberapa hari.
Husna: Mbak selalu ke dokter ini? Apa setiap hari
juga banyak pasiennya?
(Sambil melihat beberapa pasien yang menunggu)
Astuti: Setahu saya begitu, setiap hari banyak
dikunjungi pasien. Padahal dokter lain juga ada.
Husna: Dokternya punya kelebihan?
Astuti: …
Husna: O, pantas kalau begitu.
Astuti: Banyak orang yang sembuh ditangani dokter ini.
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang
pada dialog tersebut adalah ….
A. Ya,
anaknya banyak, tujuh orang.
B. Setahu
saya dia biasa saja.
C. Dia
dokter yang bertangan dingin.
D. Dia
punya apotek yang cukup besar.
E. Obatnya
selalu obat warung saja.
PEMBAHASAN
Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang
harus logis, memiliki hubungan yang harmonis dengan kalimat-kalimat lain,
terutama dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Jadi, isi kalimat sesuai dengan
topik atau hal yang dibicarakan dalam dialog. Kalimat yang tepat berisi jawaban
pertanyaan di atasnya dan merupakan jawaban yang positif karena diikuti oleh
kalimat yang berisi penegasan atas jawaban tersebut.
JAWABAN:C
31. Perhatikan penggalan paragraph beriakut
dengan saksama!
(1)Dukungan masyarakat merupakan modal yang cukup strategis untuk meningkatkan keberhasilan tugas polisi. (2)
Bersikap santun saat menangani persoalan masyarakat dapat menimbulkan empati,
sekaligus memotivasi masyarakat untuk membantu tugas-tugas polisi. (3) Polisi
yang kurang profesionalisme dalam
menjalankan tugas akan menimbulkan rasa tidak puas dari masyarakat. (4)
Memang, ini tidak mudah karena penuh dengan dinamika yang harus didesain agar
sejalan dengan kondisi masyarakat. (5) Di samping itu, polisi juga harus
mampu mengelaborasi kebutuhan
masyarakat atas jaminan keamanan dan perlindungan.
|
Kalimat yang menggunakan istilah tidak tepat terdapat pada nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
PEMBAHASAN
Kalimat ketiga menggunakan istilah profesionalisme. Istilah ini kurang
tepat karena kata yang kurang
seharusnya diikuti oleh kata sifat, bukan kata benda. Jadi, yang tepat profesional , bukan profesionalisme.
JAWABAN: C
32. Cermatilah kutipan paragraf berikut!
Kembang
sepatu di Indonesia banyak dijadikan tanaman hias, di Okinawa (Jepang)
sebagai tanaman pagar. Di bagian selatan Okinawa, tanaman ini disebut bunga
kehidupan sesudah mati sehingga banyak ditanam di kuburan atau pusara. Di
India bunga kembang sepatu dijadikan semir sepatu dan sebagai bunga
persembahan. Di Malaysia disebut bunga raya dan ditetapkan sebagi bunga
nasional Malaysia pada 28 Juli 1960. Jadi, tanaman kembang sepatu
pemanfaatannya berbeda di beberapa negara.
|
Artikel tersebut memberi tahu kepada pembaca bahwa
….
A. Tanaman
kembang sepatu banyak manfaatnya di beberapa negara.
B. Pemanfaatan
tanaman kembang sepatu di beberapa negara berbeda.
C. Cara
memanfaatkan kembang sepatu dapat dibandingkan.
D. Tanaman
hias kembang sepatu sangat bermanfaat dalam kehidupan.
E. Kembang
sepatu adalah tanaman yang unik dan bernilai.
PEMBAHASAN
Artikel tersebut membicarakan pemanfaatan kembang
sepatu di beberapa negara seperti Jepang, India, Indonesia, dan Malaysia.
Ternyata di empat negara berbeda-beda cara pemanfaatan kembang sepatu. Bahkan,
artikel tersebut diakhiri simpulan yang mencakup isi keseluruhan paragraf.
JAWABAN: B
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal
nomor 33 dan 34!
Kerusakan hutan di Indonesia selama lima tahun (2000-2005) adalah dua
persen per tahun, sementara di Brazil 0,6 persen. Perusakan itu sama dengan
1,87 juta hektare setiap tahun. Sama dengan 51 kilometer setiap hari atau
sama dengan luas 300 lapangan sepak bola setiap jam. Data itu dikemukakan
oleh Hapsoro, juru kampanye hutan regional
Greenpeace Asia Tenggara di Tugu Proklamasi. Dengan angka-angka itu,
Indonesia bisa masuk “The Guinness Book of World Record” sebagai negara
penghancur hutan tercepat di dunia.
|
33. Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi
paragraf tersebut adalah ….
A. Apa
saja yang dikakukan oleh Hapsoro untuk menyelamatkan hutan Indonesia?
B. Tepatkah
data-data yang dipergunakan oleh juru kampanye hutan regional Greenpeace itu?
C. Benarkah
bahwa kerusakan hutan di Indonesia sudah tidak dapat diatasi?
D. Berapa
persen kerusakan hutan yang terjadi di Indonesia per tahun selama lima tahun?
E. Apa
yang harus diperbuat dengan data-data yang dikemukakan Hapsoro?
PEMBAHASAN
Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf
adalah kalimat tanya yang jawabannya terdapat dalam teks. Kita tidak dapat
menemukan jawaban dari pertanyaan A, B, C, dan E. Jawaban pertanyaan D terdapat
pada kalimat pertama.
JAWABAN:D
34. Makna kata regional
dalam paragraf tersebut adalah ….
A. pemerintah
daerah
B. keluasan
daerah
C. perbatasan
daerah
D. bersifat
daerah
E. kawasan
daerah
PEMBAHASAN
Kata regional
memiliki arti bersifat atau mengenai daerah (kawaan, lingkungan) atau bagian
dunia, yang batas luasnya tidak tertentu (dapat mengenai bagian dari suatu negara,
benua, atau dunia.
JAWABAN: D
Cermati puisi berikut untuk menjawab soal
nomor 35 s.d. 37!
Salju
Karya: Wing Kardjo
Ke manakah pergi
mencari matahari
ketika salju turun
pohon kehilangan daun
Ke manakah jalan
mencari perlindungan
ketika tubuh kuyup
dan pintu tertutup
Ke manakah lari
mencari api
ketika bara hati
padam tak berarti
Ke manakah pergi
selain mencuci diri
|
35. Makna lambing kata matahari dalam larik kedua puisi tersebut adalah ….
A. petunjuk
B. kehidupan
C. keceriaan
D. semangat
E. keindahan
PEMBAHASAN
Kata matahari
dalam larik puisi tersebut dapat diartikan petunjuk bagi orang yang sedang
kehilangan sesuatu yang sangat penting dalam hidupnya karena suatu musibah.
Sesuatu tersebut dapat berupa orang yang dicintai, kebahagiaan hidup, masa
depan, atau keselamatan.
JAWABAN:A
36. Maksud isi puisi tersebut adalah ….
A. Untuk
mendapatkan kebahagiaan hidup, seseorang harus menyesali dosa-dosanya.
B. Keputusasaan
seseorang dalam mencari anggota keluarganya yang hilang.
C. Kehidupan
rumah tangga yang gagal karena tidak ada pertolongan.
D. Berbagai
upaya harus dilakukan untuk menjaga keselamatan dan kebahagiaan hidup.
E. Gambaran
kehidupan ketika musim salju mulai turun dan tidak ada kehangatan.
PEMBAHASAN
Maksud yang hendak disampaikan penulis tergambar pada
bait terakhir. Setelah berusaha mencari-cari petunjuk, tempat berlindung,
semangat akhirnya seseorang menemukan sesuatu. Ternyata tidak ada cara lain
kecuali dengan ‘membersihkan’ diri dan menyesali dosa-dosanya ia dapat
menemukan kebahagiaan hidup.
JAWABAN: A
37. Suasana yang terdapat dalam kutipan puisi
tersebut adalah ….
A. kebimbangan
B. ketenteraman
C. kesemarakan
D. kedamaian
E. kegembiraan
PEMBAHASAN
Setiap awal bait puisi tersebut diawali dengan
kalimat tanya. Ini menandakan bahwa seseorang sedang berada pada posisi tak
stabil, tak menentu, atau ragu-ragu. Ia sedang mencari-cari sesuatu.
JAWABAN:A
38. Cermatilah gurindam berikut!
Cahari olehmu kawan
Pilih segala orang setiawan
|
Maksud isi gurindam tersebut adalah ….
A. Carilah
kawan di antara para setiawan.
B. Carilah
kawan dengan memilih para setiawan.
C. Berkawanlah
dengan kesetiaan yang sejati
D. Berkawanlah
dengan orang yang setia.
E. Kawan
adalah semua orang yang setia.
PEMBAHASAN
Maksud yang hendak disampaikan penulis adalah menyuruh
mencari kawan. Kawan yang dicari hendaklah orang yang sangat setia (setiawan)
JAWABAN:B
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal
nomor 39 dan 40!
(1)
Faktor manusia adalah penyebab dominan dalam kecelakaan lalu lintas di jalan
raya. (2) Kecelakaan terjadi karena pengemudi atau pengguna jalan tidak
mengindahkan peraturan lalu lintas. (3) Pengguna jalan raya hanya memikirkan
kepentingannya sendiri tanpa memikirkan daripada keselamatan dirinya atau
orang lain. (4) Sering pula pengendara ugal-ugalan mengendarai kendaraannya
dalam keadaan mabuk atau terpancing emosinya karena didahului kendaraan lain.
(5) Ada pula pengemudi yang mengantuk memaksakan dirinya untuk terus
menjalankan kendaraannya sehingga kendaraan lepas dari kendali.
|
39. Isi informasi dalam paragraf tersebut adalah ….
A. Hal
yang tidak bisa dihindari pengendara di jalan raya.
B. Pengendara
dan pejalan kaki sama-sma tidak mematuhi tata tertib.
C. Faktor
dominan dalam kecelakaan lalu lintas di jalan raya.
D. Kelalaian
pengguna jalan raya yang mengakibatkan kecelakaan.
E. Kurangnya
kewaspadaan dan kehati-hatian pengguna jalan raya.
PEMBAHASAN
Kalimat
pertama paragraf di atas berisi ide pokok paragraf. Kalimat ke-2 s.d. ke-5
berisi ide penjelas yang memperkuat ide pokok. Jadi, isi informasi dalam
paragraf tersebut terdapat dalam kalimat pertama, yaitu faktor dominan yang
menyebabkan banyak kecelakaan di jalan raya.
JAWABAN:
C
40. Kalimat rancu dalam paragraf tersebut terdapat
pada nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
PEMBAHASAN
Kalimat rancu merupakan kalimat yang salah karena
strukturnya kurang tepat. Kalimat seperti ini biasanya muncul ketika seseorang
akan menuangkan sebuah ide sementara di otaknya telah tersedia dua konstruksi
yang benar. Namun, pada saat ide dituangkan dalam kalimat kedua konstruksi itu
saling bercampur atau rancu. Saat penulis akan menuangkan ide pada kalimat ke-3
muncul dua konstruksi. Pertama, pengguna jalan raya hanya memikirkan
kepentingannya sendiri tanpa memikirkan keselamatan dirinya atau orang lain.
Kedua, pengguna jalan raya lebih memikirkan kepentingan sendiri daripada
memikirkan keselamatan dirinya atau orang lain. Kata daripada tidak tepat digunakan dalam kalimat ke-3 karena kata daripada berfungsi membandingkan,
sedangkan pada kalimat tersebut tidak ditemukan perbandingan.
JAWABAN:C
0 komentar:
Posting Komentar