Jumat, 16 November 2012

0 MATERI BAHASA INDONESIA BAB 1

BAHASA INDONESIA


Kegiatan Belajar 1: MENDENGARKAN BIDANG BAHASA

A. Fakta dan Opini
Fakta adalah hal yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada, terjadi dan ada buktinya. Misalnya : ada benda, orang, waktu, tempat, peristiwa, jumlahnya, atau dapat menjawab pertayaan dengan kata Tanya apa, siapa, kapan, di mana, atau berapa.
Contoh : “Tirakatan Budaya” adalah acara yang diadakan oleh para seniman dan budayawan menjelang detik pergantian abad-20, di Kompleks Taman Budaya Jawa Tengah, Solo 12 Desember 2000.
Contoh tersebut dapat menjawab pertayaan apa, siapa, kapan, dan dimana.

Aspek Ciri-ciri
Isi Isi fakta adalah peristiwa atau kejadian, benda, orang, atau entitas lainnya.
Kebenaran Kebenaran fakta seperti adanya sesuai dengan kkonteksnya masing-masing.
Cara pengungkapan Berupa kalimat berita atau pernyataan.
manfaat Bagi pendengar atau pembaca, fakta berguna untuk melengkapi informasi dan menambah pemahaman suatu konsep tertentu.

Opini, ialah pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang tetang sesuatu atau dapat menjawab pertayaan bagaimana.
Contoh : “Bagus sekali isi puisi yang disampaikan W.S.Rendra pada acara “Tirakatan Budaya” itu.
Contoh tersebut menjawab pertayaan bagaimana
Aspek Ciri-ciri
isi Isi opini merupakan hasil pemahaman dan penilaian seseorang mengenai sesuatu (peristiwa atau kejadian, benda, orang, atau entitas lainnya).
Kebenaran Kebenaran opini bersifat relative bergantung pada waktu dan tempat, sudut pandang, dan bukti-bukti pendukung yang relevan.
Cara pengungkapan Berupa kalimat berita atau pernyataan.
manfaat Bagi pendengar atau pembaca, opini membantu memahami sesuatu yang diuraikan dalam berita atau laporan

B. KRITIK DAN SARAN
Mengemukakan tanggapan terhadap laporan yang didengar sebenarnya sering kita lakukan. Komentar dalam kenyataanya dapat berupa kritik dan saran terhadap materi yang kita dengarkan.
Dilihat dari sikap dan tujuan memberi komentar, komentar dapat dibedakan menjadi :
1. komentar positif; didasari oleh sikap dan tujuan positif atau berbaik sangka sehingga mengarah pada kritik dan saran yang baik.
2. komentar negative, didasari oleh sikap dan tujuan negative sehingga mengarah pada kritik dan saran negatif.

RINGKASAN MATERI
Isi fakta adalah peristiwa atau kejadian, benda, orang, atau entitas lainnya. Kebenaran fakta seperti adanya sesuai dengan kkonteksnya masing-masing. Berupa kalimat berita atau pernyataan.Bagi pendengar atau pembaca, fakta berguna untuk melengkapi informasi dan menambah pemahaman suatu konsep tertentu.
Isi opini merupakan hasil pemahaman dan penilaian seseorang mengenai sesuatu (peristiwa atau kejadian, benda, orang, atau entitas lainnya) Kebenaran opini bersifat relative bergantung pada waktu dan tempat, sudut pandang, dan bukti-bukti pendukung yang relevan Berupa kalimat berita atau pernyataan. Bagi pendengar atau pembaca, opini membantu memahami sesuatu yang diuraikan dalam berita atau laporan
Komentar dalam kenyataanya dapat berupa kritik dan saran terhadap materi yang kita dengarkan. Dilihat dari sikap dan tujuan memberi komentar, komentar dapat dibedakan menjadi :
1. komentar positif; didasari oleh sikap dan tujuan positif atau berbaik sangka sehingga mengarah pada kritik dan saran yang baik.
2. komentar negative, didasari oleh sikap dan tujuan negative sehingga mengarah pada kritik dan saran negatif.

0 komentar:

Posting Komentar

 

wahyu sastra hanugroho bahasa indonesia Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates